PPJ (Agustus 2024)

Dari DBR Ministries
< PPJ
Lompat ke: navigasi, cari
Cover PPJ (Ags 2024)-1x1.jpg

GBI Rayon 7 membuka Kelas Pembekalan Pelayan Jemaat (PPJ) mulai 13 Agustus 2024 s/d 04 September 2024, setiap hari Selasa sebanyak 4x pertemuan.

Syarat pendaftaran

  1. Merupakan Calon Pelayan Jemaat atau Pelayan Jemaat di salah satu Cabang GBI Rayon 7.

  2. Berkomitmen untuk mengikuti sesi-sesi PPJ dari awal sampai selesai.

Pendaftaran ditutup pada hari Senin, 12 Agustus 2024 pukul 23.59.

Mendaftar

Kelas ini dibuka untuk peserta baru dan peserta refresh (sudah pernah mengikuti dan mendapatkan sertifikat PPJ sebelumnya).

Persiapan pendaftaran

  • Buka aplikasi Zoom Anda untuk mendapatkan email yang digunakan untuk login di aplikasi Zoom Anda.
    Pastikan email tersebut sudah terdaftar di aplikasi Zoom Anda.
    Jangan mendaftar sebagai Peserta dulu bila Anda belum pasti email tersebut sudah sudah terdaftar di aplikasi Zoom Anda!
    Email ini akan berfungsi sebagai alat absensi. Pastikan juga Anda menggunakan email yang sama bila berganti device.
    Satu akun email Zoom ini diperbolehkan untuk digunakan maksimal dua peserta (misalnya: suami-istri bersama).
  • Pendaftaran ditutup

    Panduan dan tata tertib Pembekalan Pelayan Jemaat (PPJ)

    Persiapan sebagai Peserta

    Peserta harap memastikan:

    1. Sudah tergabung dengan WhatsApp Group Peserta PPJ R7.

    2. Menginstalasi Aplikasi Zoom.
    3. (Bisa di handphone Android/iPhone atau komputer Windows/Mac)

      Pastikan sign in di Zoom menggunakan email yang didaftarkan kepada Panitia.

      Email berlaku sebagai salah satu alat absensi. Karena itu, Anda tidak dapat berganti-ganti email yang digunakan untuk login Zoom. Harus menggunakan email yang didaftarkan kepada Panitia saat pendaftaran pertama kali.

    4. Bila menggunakan handphone, pastikan baterai handphone penuh atau siapkan charger supaya bisa dapat tetap mengikuti kelas.

    5. Pastikan pulsa internet Anda cukup untuk mengikuti setiap kelas PPJ selama 2 jam.
    6. Sediakan setidaknya kuota data 5GB bila menggunakan telekomunikasi seluler.

    7. Gunakan Screen Name yang benar sesuai format berikut.

    Screen Name Zoom

    Format screen name Zoom:

    (CABANG) Nama
    atau
    (KELOMPOK-CABANG) Nama1-Nama2-dst --> bila satu Zoom barengan

    Contoh:

    • (DBR) Johan-Susan
    • (BNR) Tonny

    Memasuki Sesi PPJ

    1. Peserta dilarang membagikan link Zoom meeting kepada pihak lain.
    2. Peserta hadir di Zoom sebelum pukul 19.00 untuk persiapan.
      • Ruangan akan dibuka sekitar pukul 18.55.
      • Kelas dibuka dengan Doa, Pujian, dan Penyembahan, dimulai pukul 19.00.
      • Pelajaran dimulai pukul 19.10 sampai 21.00.
    3. Harap masuk dengan posisi microphone di-mute dan video menyala
    4. Peserta akan masuk terlebih dahulu ke Waiting Room Zoom.

    Saat sesi Kelas PPJ

    1. Audio
      • Harap mematikan mic (audio mute) saat Pengajar sedang menyampaikan materi.
      • Apabila terdapat hal yang ingin disampaikan (pertanyaan) dapat disampaikan terlebih dahulu di chat Zoom.
    2. Video dan absensi
      • Video wajib tetap menyala selama sesi untuk memastikan absensi dan peserta harus tetap berada di depan video.
      • Absensi dapat dilakukan pada waktu-waktu secara acak.
      • Pastikan Anda selalu terkoneksi dengan Zoom.
      • Peserta harus hadir dan tampil di video minimal 100 menit dalam setiap sesinya.
        • Data kehadiran disediakan oleh Zoom (berdasarkan email yang didaftarkan).
        • Peserta harus hadir minimal 80% selama waktu guru mengajar.
        • Peserta harus hadir minimal 80% dari keseluruhan sesi PPJ.
    3. Kesopanan
      • Peserta harus selalu berlaku sopan baik dalam tampilan video, dalam lisan, maupun tulisan.
      • Hadir di Zoom seakan hadir secara fisik di gereja.
      • Gunakan pakaian yang rapi dan sopan.
      • Saat belajar harus tetap dalam posisi duduk, jangan tidur-tiduran.
      • Tidak diperbolehkan makan pada saat sesi PPJ berlangsung. Harap mengatur waktunya untuk makan malam terlebih dahulu sebelum sesi PPJ berlangsung.
    4. Sesi pertanyaan
      • Sesi pertanyaan akan dibuka pada akhir sesi pengajaran.
      • Peserta dapat menuliskan pertanyaan di Ruang Chat (to Everyone)
      • MC akan memilih dan membacakan pertanyaan kepada Pengajar.
    5. Meninggalkan kelas
      • Peserta diperbolehkan meninggalkan Kelas PPJ (leave meeting) setelah Doa Penutup dan Doa Berkat.
    No Tanggal Modul Materi Pengajar/PIC
    1 13 Ags 2024 A1 Karakter Pelayan Tuhan Pdt Hendrawan Rusli BaW
    2 A2 Pedoman Pelayanan Jemaat Pdm Jonni Hutabarat BaW
    3 20 Ags 2024 B1 Kehidupan Doa Pdt David Sulardi BaW
    4 B2 Kehidupan Pemuji-Penyembah Pdm Paulus Daniel Santo BaW
    5 27 Ags 2024 C1 Warisan Iman Pdt Nathan Subroto, MDiv BaW
    6 C2 Melayani dalam Tuntunan Pdt Nathan Subroto, MDiv BaW
    7 03 Sep 2024 D1 Penatalayanan (Manajemen Pelayanan) Pdm Paulus Daniel Santo BaW

    Rundown

    Pukul DurasiDur Acara PIC
    Pre-Service
    18.30 18.55 25 menit Persiapan (uji coba sound dan share screen presentasi) dan doa bersama Panitia Panitia, MC, dan Pengajar
    18.55 19.00 5 menit Open Gate dan Peserta memasuki ruangan Zoom Co-Host Zoom
    Service
    19.00 19.05 5 menit Pembukaan dan Tata Tertib Panitia
    19.05 19.10 5 menit Pujian-Penyembahan Panitia
    19.10 19.45 35 menit Sesi 1 Pengajar
    19.45 19.55 10 menit Tanya-Jawab MC dan Pengajar
    19:55 20.00 5 menit Break MC
    20.00 20.35 35 menit Sesi 2 Pengajar
    20.35 20.45 10 menit Tanya-Jawab MC dan Pengajar
    20.45 20.50 5 menit Doa Penutup dan Doa Berkat Penggembalaan R7
    Total 110 menit

    Catatan:

    • Sesi 1 dan Sesi 2 (pengajaran) wajib dihadiri minimal 80% dari waktu aktual.
    • Pertanyaan dapat dituliskan di ruangan chat Zoom untuk dipilih dan dibacakan melalui MC.

    Materi

    1. Sertifikat PPJ
      • Peserta PPJ akan mendapatkan Sertifikat PPJ bila telah dinyatakan lulus.
    2. Syarat kelulusan
      • Mengikuti seluruh kelas sampai selesai minimal 80% (ada toleransi ketidakhadiran sesuai diskresi Panitia).
    3. Bila Peserta tidak lulus:
      • Bila Peserta tidak lulus pada suatu Angkatan (karena kekurangan absensi), maka dapat mengganti kelas yang absen tersebut pada Angkatan yang lain, selambatnya 12 bulan sejak Pertemuan terakhir pada Angkatan yang awal diikuti.
      • Bila melebihi 12 bulan, maka harus mengikuti Kelas PPJ kembali dari awal.

    Presensi

    • Data waktu dan menit kehadiran disediakan langsung oleh Zoom
    • Peserta ditandai tidak hadir bila kehadiran di bawah minimum 80% pada jam pelajaran (waktu guru mengajar):
    Warna % menit kehadiran Nilai Kehadiran
    hijau Hadir di atas 80% Otomatis ditandai hadir
    merah Tidak hadir sama sekali atau hadir di bawah 60% Otomatis ditandai tidak hadir

    Contoh:

    • Waktu aktual pengajaran pukul 19.10-19.40 (30 menit), maka:
      • Peserta yang hadir minimal 24 menit akan ditandai hijau
      • Peserta yang hadir kurang dari 24 menit menit akan ditandai merah
      • Peserta yang tidak hadir akan ditandai merah
    • Dalam penentuan kelulusan berdasarkan Absensi, Panitia PPJ memiliki diskresi untuk menoleransi kekurangan kehadiran Peserta setelah seluruh kelas PPJ selesai (misalnya menit kehadiran hanya kurang sedikit dari 80% bisa saja ditoleransi/dianggap hadir bila yang bersangkutan memang rajin hadir/sesuai diskresi Panitia/Penggembalaan).
    • Keputusan Panitia mengenai kelulusan tidak dapat diganggu gugat.

    UNTUK KALANGAN SENDIRI